Selasa, 02 April 2019


Laksanakan Simulasi KTB, Mergangsan Siap Hadapi Bencana





            Untuk mengantisipasi terjadinya bencana alam di lingkungan masyarakat, anggota Kodim 0734/Yka dipimpin Danramil 06/MG Mayor Inf Sutrisno mengikuti simulasi Kampung Tangguh Bencana (KTB) di Keparakan Lor, Mergangsan, Yogyakarta, Minggu (17/03/19).

          Simulasi ini bertujuan melatih masyarakat agar memahami segala tindakan yang harus dilakukan apabila terjadi bencana alam di wilayah Mergangsan, sehingga  apabila benar-benar terjadi bencana dapat meminimalisasi korban jiwa maupun  materiil.




          Dalam simulasi ini, diterjunkan sedikitnya 15 personil prajurit Kodim Yogya, beserta Koramil 06/MG, BPBD, Polri serta masyarakat. “Dengan simulasi ini pula, dapat dijadikan wadah menjalin persaudaraan yang lebih erat dengan komponen masyarakat. Selain itu, peran TNI-Polri dalam melaksanakan pengabdian kepada masyarakat dapat benar-benar menyatu dan bersinergi serta senantiasa terjalin baik dalam menangani suatu bencana alam.” kata Mayor Inf Sutrisno.

          “Tujuan kegiatan ini adalah untuk melatih kesiap-siagaan aparat dan warga masyarakat, meningkatkan kerja sama dan keterpaduan antar unsur dalam penanganan dan penanggulangan bencana alam yang kejadiannya tidak dapat diduga dan dampaknya tidak dapat diperhitungkan,” tambah Mayor Inf Sutrisno.




          Warga yang terlibat sangat antusias dalam latihan ini, semua melakukan kegiatan dengan semangat sehingga terlihat seperti kejadian yang sebenarnya. Simulasi yang digelar mendapat apresiasi positif dalam berbagai kalangan, khususnya masyarakat. Latihan berjalan lancar dan tetap mengutamakan faktor keamanan dan pedoman langkah-langkah sesuai yang telah ditentukan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar