Kamis, 21 Maret 2019


Menekan Angka Kecelakaan, Kodim 0734/Yka Gelar Pemeriksaan Kendaraan







           Detasemen Polisi Militer(Denpom) IV/2 Yogyakarta menggelar  pemeriksaan  dengan sasaran kendaraan bermotor, baik kendaraan dinas maupun umum milik personel dan PNS di Kodim 0734/Yka.  Ratusan kendaraan bermotor baik roda dua maupun roda empat diperiksa kelengkapan surat-suratnya, Rabu (13/03/19).



            Kegiatan ini bertujuan selain untuk mengurangi angka kecelakaan dan pelanggaran lalu lintas  juga untuk membudayakan disiplin tertib berlalu lintas. Selain itu untuk mengetahui kondisi dan kelengkapan kendaraan dinas dan pribadi, dan yang lebih penting kegiatan ini dilaksanakan guna meminimalisir  terjadinya lakalalin yang dapat merugikan diri sendiri dan satuan. Bagi anggota yang didapati kendaraannya tidak lengkap seperti spion maupun kelengkapan lainnya di data dan diperintahkan untuk melengkapi.


            Sebelum kendaraan diperiksa,dilaksanakan apel pengecekan dipimpin langsung oleh ketua Tim dari Den POM, Kapten CPM I Nyoman Rahayu. Dalam pengarahannya, Kapten CPM I Nyoman Rahayu menyampaikan bahwa operasi tersebut sebagai kegiatan Kampanye Penegakan Ketertiban yang diselenggarakan mengantisipasi sebelum pelaksanaan operasi ketertiban di jalan raya. Semua bagian kendaraan seperti lampu, ban, rem serta kebersihan tak luput dari pemeriksaan.

            “Semua anggota TNI yang menggunakan kendaraan dinas harus memiliki SIM khusus TNI, yakni SIM dari Detasemen Polisi Militer (Denpom). Untuk itu kami menekankan kepada seluruh prajurit dan PNS Kodim 0734/Yka melengkapi surat-surat kendaraan antara lain kelengkapan administrasi dan  surat kendaraan,  SIM pemakai kendaraan dan kondisi fisik kendaraan. Tujuannya untuk mengurangi korban sia-sia akibat kecelakaan di jalan raya,” tambahnya.


            Pasi Intel Kodim 0734/Yka Lettu Inf Rohmat menambahkan, pemeriksaan bukan hanya dilaksanakan pada kendaraan roda dua melainkan juga pada kendaraan roda empat. Semua anggota TNI dan PNS Kodim Jogja, baik yang bertugas di Kodim maupun di Koramil diperiksa semua.

        “Kami telah melakukan pemeriksaan kendaraan secara rutin setiap bulan. Sebelumnya telah dilakukan pendataan kepada semua anggota TNI yang SIM umumnya telah habis. Setelah itu dilaksanakan pembuatan SIM massal bagi semua anggota yang belum mempunyai atau harus memperpanjang SIM,” sambung Pasi Intel.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar