Senin, 09 September 2024

Babinsa Koramil 12 /Gondomanan Laksanakan Pengamanan Gladi Bersih Miyos Gongso Grebeg JE. 1958-2024


Yogyakarta – Babinsa Koramil 12 /Gondomanan Kodim 0734/Kota Yogyakarta, Serka Kuntoro Wiratmaji  melaksanakan kegiatan pengamanan gladi prajurit Miyos Gongso Grebeg JE. 1958-2024 di KG. D Masjid Gedhe Kauman Yogyakarta. Gladi bersih menjelang Grebeg Maulud diikuti sepuluh Bregodo prajurit Kraton Yogyakarta, Minggu (08/09/2024).

Serka Kuntoro Wiratmaji menerangkan, pelaksanaan seperti tahun kemarin, rute dari Kemandungan Utara Alun-alun Selatan melewati Magangan, Kompleks Kraton, Bangsal Ponconiti, Pagelaran dan terakhir Masjid Gedhe Kauman. Dalam acara gladi bersih terbuka untuk umum dan bisa dilihat langsung oleh masyarakat yang berada di sekitar Kraton Yogyakarta. 

“Bregodo Kraton Yogyakarta bertugas sebagai pengawal dengan menempuh jarak sekitar 4 Km dengan berjalan kaki seperti pada pasukan Infanteri di TNI-AD dengan masing-masing pasukan dipimpin oleh seorang Komandan dan memiliki senjata yang berbeda-beda sesuai dengan fungsi dan tugasnya dalam melindungi Kraton Yogyakarta,” ucapnya.

Lebih lanjut, Serka Kuntoro Wiratmaja menambahkan untuk para petugas keamanan TNI-POLRI yang berada di sekitar rute Bregodo, membantu agar jalur yang dilalui tidak terhambat dan bisa mengatur posisi ataupun jarak aman untuk rute Bregodo yang sedang berjalan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar