Selasa, 10 September 2024

Danramil 12/Gondomanan Pimpin Pengamanan Acara Miyos Gongso Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat

Yogyakarta - Danramil 12/Gondomanan, Kodim 0734/Kota Yogyakarta Mayor Inf Dhedyk Hartono beserta anggota dan personel siaga Kodim 0734/Kota Yogyakarta melaksanakan pengamanan ritual Miyos Gongso menyambut peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW yang digelar oleh Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat, bertempat di pelataran Masjid Gedhe Kauman, Kelurahan Ngupasan, Kemantren Gondomanan, Kota Yogyakarta. Senin (09/09/2024).

Gelaran ritual Miyos Gongso menyambut peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW ditandai dengan keluarnya dua gamelan pusaka, Kanjeng Kyai Naga Wilaga dan Kanjeng Kyai Guntur Madu. Prosesi pemindahan gamelan (Miyos Gangsa) milik Kraton Ngayogyakarta menuju ke Masjid Gedhe Kauman dilakukan pada malam hari.

Pemindahan gamelan malam ini dikawal oleh dua Bregada Prajurit, yang tergabung dalam Bregada Prajurit Jogokaryo dan Bregada Prajurit Prawirotomo. Gamelan pusaka yang dibawa adalah gamelan Kanjeng Kyai Guntur Madu dan Kanjeng Kyai Naga Wilaga, kedua gamelan tersebut kemudian dimasukkan ke ruang yang berbeda yang ada di Masjid Kauman, untuk selanjutnya ditabuh oleh para pemain selama 5 hari terus menerus dan bergantian dan berhenti disaat waktu sholat, hingga menjelang peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW, kedua gamelan akan dibawa masuk lagi ke Kraton dalam prosesi Kondur Gangsa.

Dalam kesempatan gelaran Miyos Gongso tersebut Danramil 12/Gondomanan Mayor Inf Dhedyk Hartono mengatakan bahwa sebagai aparat kewilayahan Koramil 12/Gondomanan mempunyai tugas dan tanggung jawab dalam pengamanan kegiatan tersebut dengan maksud seluruh rangkaian kegiatan bisa berjalan dengan aman dan lancar.

"Kegiatan tersebut merupakan nguri-uri kebudayaan jawa, khususnya di Kraton jadi kami sebagai aparat kewilayahan mempunyai tugas untuk mengamankan acara tersebut sehingga dapat berjalan dengan aman," pungkas Mayor Inf Dhedyk.

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar