Senin, 02 September 2024

Babinsa Patehan Melaksanakan Pengamanan Gladi Tradisi Grebeg Mulud JE 1958 /2024 H

Yogyakarta - Babinsa Koramil 11/Kraton Serka Stefanus dan Sertu Mizan melaksanakan pengamanan gladi dalam rangka hajad nDalem Grebeg Mulud JE 1958 /2024 H yang bertempat di Kraton Ngayogyakarta Hadiningrat. Gladi prajurit diikuti oleh sepuluh bregada Kraton Yogyakarta dengan mengambil rute disekitar kompleks Kraton Yogyakarta dan di jalan umum di wilayah njeron Beteng Kraton, minggu (1/9/2024).

Pengamanan rangkaian kegiatan hajad dalem Kraton Yogyakarta yang dilaksanakan oleh anggota Koramil, Polsek Kraton dan sekuriti Kraton untuk memberikan kelancaran gladi di kompleks Kraton maupun pada saat melintas di  jalan umum. Karena iring-iringan bregada yang cukup panjang dan dilihat oleh warga masyarakat luas sehingga mengakibatkan kondisi jalan padat sehingga sejumlah jalan harus dilakukan pengaturan lalulintas di sekitar pasar Ngasem dan Rotowijayan.

Pelaksanaan Hajad nDalem Gerebeg Mulud JE 1958/2024 H ini akan digelar pada hari senin tanggal 16 September 2024 di sejumlah tempat seperti Kagungan Dalem Masjid Gedhe Keraton Yogyakarta, Kantor Kepatihan, Kadipaten Pakualaman  dan nDalem Mangkubumen dengan membagikan Gunungan.

Sebagai event penting yang sering dilaksanakan di Kraton Yogyakarta gerebeg mulud atau maulid Nabi merupakan tradisi upacara Kasultanan Ngayogyakarta Hadiningrat dalam memperingati hari kelahiran Nabi Muhammad SAW yang sudah ada sejak dulu. Acara ini juga akan disaksikan oleh masyarakat luas dari  Yogyakarta dan dari daerah lainnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar