Senin, 02 Oktober 2023

Babinsa Kricak Hadiri Pengamanan Pagelaran Wayang Kulit

Yogyakarta – Babinsa Kricak Kodim 0734/Kota Yogyakarta Serma Hartono melaksanakan pengamanan Pagelaran Wayang Kulit dalam rangka Merti Kampung Kricak Kidul, Kemantren Tegalrejo, Kota Yogyakarta, Minggu (01/09/2023). 

Pagelaran Wayang Kulit yang dimainkan oleh Dalang yang sudah berpengalaman Ki Klelur dengan lakon Semar Mbangun Kayangan membuat warga berantusias untuk menyaksikan dari awal hingga akhir cerita. Pagelaran ini dilaksanakan di kampung Kricak Kidul, dengan maksud sebagai wujud rasa syukur kita kepada Tuhan Yang Maha Esa.

Dengan adanya pagelaran wayang kulit tersebut, Babinsa dan unsur pengamanan yang lain bersama masyarakat kampung Kricak Kidul melakukan monitoring sekaligus menjaga keamanan agar keadaan aman dan kondusif.

Babinsa Serma Hartono menyampaikan, bahwa untuk melestarikan budaya jawa sama halnya kita ikut berjuang menumbuhkan jiwa nasionalisme terhadap bangsa dan Negara.

“Jangan sampai kebudayaan ini hilang karena dengan perkembangan jaman sekarang,” ujar Serma Hartono.

Babinsa menambahkan, Dengan adanya acara ini salah satunya menjaga budaya adat istiadat Jawa dan pertunjukan Wayang Kulit ini sebagai ajang silaturahmi antar warga, sehingga kerukunan dan kekompakan warga dapat tetap terbina dan terjalin.

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar