Senin, 09 Oktober 2023

Festival Bregada Rakyat Di Alun-Alun Selatan Yogyakarta

Yogyakarta - Danramil 11/Kraton Mayor Caj (K) Erni Sudarwati, S. Pd., menghadiri acara Festival Bregada Rakyat DIY dalam rangka HUT 267 Kota Yogyakarta yang dilaksanakan di Alun-alun Selatan Yogyakarta. Dengan kemampuan atraktif yang dimiliki oleh Bregada dapat membantu mempromosikan wisata di Daerah Yogyakarta, Minggu (08/10/2023).

Acara Festival diselenggarakan oleh Dinas Kebudayaan (Kundha Kabudayan) DIY untuk merealisasikan program adat, tradisi, pembinaan dan pengembangan desa budaya yang menjadikan destinasi menarik bagi wisatawan. Jumlah peserta yang mengikuti Festival ribuan orang yang terdiri dari laki-laki dan perempuan berasal dari daerah Kabupaten dan Kota di wilayah Yogyakarta yang tergabung dalam 30 Bregada.

Rute festival Bregada berangkat dari Lapangan Minggiran Mantrijeron melewati jalan DI Panjaitan masuk menuju Plengkung Gading dan berjalan mengitari alun-alun Selatan dan berhenti di depan para tamu undangan yang terletak di depan Sasono Hinggil. Dan acara festival juga dihadiri dari perwakilan Kraton Yogyakarta KRT Wironingrat dari Tepas Kraton Yogyakarta dan KRT Indro Kimpling Suseno dari Puro Pakualaman.

Danramil menjelaskan bahwa, menurut sejarah Bregada sendiri merupakan pasukan prajurit yang berasal dari Keraton Yogyakarta, namun seiring berjalannya waktu bregada telah merambah dan berkembang di masyarakat.

“Hingga saat ini banyak terdapat Bregada pada acara-acara Merti Desa atau Merti Dusun, acara penyambutan tamu serta pada acara tradisi budaya masyarakat lainnya yang tersebar di seluruh wilayah Yogyakarta,” pungkasnya.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar