Selasa, 17 Oktober 2023

Danramil Kraton Menghadiri Pameran Dan Edukasi Budaya Keris Yogyakarta

Yogyakarta - Danramil 11/Kraton Mayor Caj (K) Erni Sudarwati, S.Pd. menghadiri Pameran Keris di Graha Keris yang merupakan bagian sejarah Jawa pada masa lalu di Jalan Gamelan Kidul No. 1 Kelurahan Panembahan Kemantren Kraton, Senin (16/10/2023).

Acara Pameran dihadiri oleh kepala Dinas Kebudayaan (Kundha Kabudayan) DIY dan Kepala Dinas lainnya di lingkungan Pemda DIY. Rangkaian kegiatan Pameran antara lain sarasehan mengenai literatur, kajian konsep, Workshop dan Pameran Tematik dengan jenis koleksi yang bermacam-macam dan nantinya Graha Keris bisa menjadi pusat kegiatan Keris di Yogyakarta dan bahkan bisa mendunia.

Partisipasi dari Paguyuban Keris yang ada seperti dari Paguyuban Pametri Wiji, Paguyuban Mertikarta, Paguyuban Lingkar Kajian Keris, Paguyuban Largangsir, Paguyuban Runcing Wangi, Paguyuban Agung Sidotama serta Paguyuban Udan Mas diharapkan mampu mengembalikan kejayaan keris pada masa lalu yang pernah mengekspor hingga ke India.

Menurut Prof. Dr. KRT Suwarno Dwijonagoro pada buku Besalen dituliskan bahwa saat ini keris mengalami degradasi tentang pemahamannya yaitu cenderung lebih mementingkan cerita (dongeng) daripada wujud kerisnya sendiri. Para pembuat keris pada umumnya tidak lagi menjalankan reka-cipta akibatnya hasilnya ciptaan mengalami kemerosotan.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar