Senin, 23 Oktober 2023

Koramil Kraton Melaksanakan Pengamanan Pementasan Tari Kraton Yogyakarta

Yogyakarta - Danramil Kraton Mayor Caj (K) Erni Sudarwati S.Pd., beserta anggota melaksanakan pengamanan rangkaian acara pada hari Ke Tiga dalam rangka merayakan 80 Tahun usia Sri Sultan Hamengku Bawono X dengan Pementasan Tari Bedhaya Mintaraga bertempat di Pagelaran Kraton Yogyakarta, Minggu (22/10/2023). 

Acara di hadiri oleh Sri Sultan Hamengku Bawono X, GKR Bendara dan KPH Notonegoro, Danrem 072/Pamungkas Brigjen TNI Joko Purnomo., S.IP serta Wakil Kepala Pengadilan Tinggi Agama Yogyakarta Drs. H. Rusman Mallapi S.H. M.H. 

“Rangkaian acara sudah dimulai pada pukul 18.45 wib dengan Wiyogo uyon-uyon, KTY Streaming dan pementasan teaser dokumenter Bedhaya Mintaraga dilayar monitor. Selanjutnya pada acara inti dilaksanakan pementasan tarian Bedhaya Mintaraga yang diperankan oleh sembilan penari putri dan pada penghujung acara dilaksanakan acara sesi foto bersama para penari dengan Sri Sultan Hamengku Bawono X,” ucap Danramil. 

“Tarian Bedhaya Mintaraga merupakan Yasan Dalem Sri Sultan Hamengku Bawono X diilhami dari Serat Lenggahing Harjuna yang ditulis sendiri oleh Sri Sultan sebagai bentuk piwulang (pengajaran). Mintaraga adalah nama  tokoh pewayangan Raden Harjuna saat sedang bertapa di Gua Indrakila yang memiliki sifat untuk dapat mengendalikan hawa nafsu jasmani maupun rohani,” tegasnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar