Senin, 16 Maret 2020

Babinsa Gedongkiwo Siaga Menghadapi Bencana Banjir

Yogyakarta - Dengan adanya kondisi cuaca yang sangat ektrim dengan intensitas curah hujan yang cukup tinggi disertai angin kencang di wilayah Yogyakarta, Seperti pada hari Rabu, 12 Maret 2020, Babinsa Kel. Gedongkiwo, Koramil 09/ Mantrijeron, Kodim 0734/Yogyakarta, Serka Suyatno selalu siaga di bantaran sungai Winongo bersama sama masyarakat Suryowijayan, Rw. 02 untuk memantau perkembangan debit air Sungai Winongo yang selalu meningkat.
Karena begitu derasnya hujan dengan durasi yang lama, untuk antisipasi kemunginan akan terjadinya banjir dan tanah longsor, Babinsa Koramil 09/Mantrijeron mengajak warga dan komunitas KTB Gedongkiwo untuk siaga menghadapi bencana alam.
Untuk pelaksanaan siaga ini Serka Suyatno dan Sertu Sarijan selaku Babinsa Kel. Gedongkiwo, secara bergantian dan dibantu Komunitas Kampung Tanggap Bencana (KTB) Gedongkiwo, beserta masyarakat setempat.
Babinsa menghimbau warga masyarakat langsung ke rumah-rumah warga yang tinggal di bantaran Sungai Winongo. Hal ini dilaksanakan agar masyarakat menyiapkan harta benda yang berharga yang bisa diselamatkan apabila terjadi bencana banjir.
"Yang paling utama selamatkan dulu keluarga kita, jangan panik kalau terjadi banjir, cek anggota keluarga, baru tinggalkan rumah, menuju titik kumpul di halaman SDN Suryowijayan,” Ucap Serka Yatno.
Di tampat yang sama Serka Yatno menambahkan, ”Ikuti petunjuk dari petugas di lapangan dan dengarkan apabila ada tanda-tanda yang dibunyikan akan terjadinya bencana alam banjir, agar segera berkemas dan jangan panik dulu, lakukan kegiatan sesuai arahan dari petugas, hal ini akan mempermudah untuk melaksanakan langkah-langkah pengamanan, evakuasi dan tanggap darurat. Semoga dengan adanya kesiapsiagaan bencana dari semua pihak dapat mengurangi kerugian personil dan materiil,” pungkasnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar