Senin, 16 Maret 2020

Koramil 11/ Kraton Melaksanakan Pengamanan Pameran Budaya

Pameran Busana dan peradaban kraton yogyakarta "Abalakuswa" merupakan rangkaian busana kebesaran yang dipergunakan Kraton yogyakarta. Beraneka ragam guratan busana terekam dalam guratan busana kraton mulai dari Sri Sultan HB I hingga Sri Sultan HB X dipajang dalam pameran di pagelaran kraton.
Koramil 11/ Kraton kodim 0734 yogyakarta melaksanakan pengamanan Pameran busana Kraton yang dilaksanakan selama satu bulan mulai 7 maret hingga 4 april 2020 (12/3/2020).
Pemakaian Busana kraton dipergunakan dalam berbagai acara seni pertunjukkan tari, drama maupun pada Kegiatan ritual. Busana ini juga mencerminkan sisi intelektualitas yang dimiliki. Selain itu juga pada busana yang dikenakan dalam pementasan wayang Wong juga memiliki variasi bermacam-macam berdasarkan tokoh-tokoh yang diperankan.

Yang paling menarik dalam pameran ini adalah pada Batiknya yang memiliki beraneka ragam motif sebagai bentuk yang mengartikan Filosofi, doa dan legitimasi kekuasaan pada setiap masanya. Begitu pula pada sifat penggunaan batiknya yang dibedakan berdasarkan pada usia, upacara Kraton maupun Gender.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar