Rabu, 11 Maret 2020

Batik Tulis Yogyakarta, Warisan Nusantara Yang Mendunia


Yogyakarta - Batik merupakan salah satu warisan nusantara yang unik. Keunikannya ditunjukkan dengan barbagai macam motif yang memiliki makna tersendiri. Ragam motif batik yang dimiliki Indonesia sangatlah beragam, setiap daerah memiliki ciri khas motif batiknya masing-masing.
Komandan Kodim 0734/Yogyakarta didampingi Bapak Camat Keraton Drs. Widodo S. Mujiatna beserta Perwira Staf mengunjungi Rumah Batik Ibu Sastronegoro di Kampung Taman, Patehan, Keraton, Yogyakarta yang merupakan salah satu pengrajin batik tulis di Yogyakarta.  (10-03-2020).

“Setiap motif batik tulis Jogja di setiap daerah, memiliki bentuk serta arti sendiri-sendiri. Motif dan bentuk tersebut mencerminkan filosofi hidup masyarakat sekitar. Batik Yogyakarta mempunyai variasi tersendiri. Di lingkungan Keraton Yogyakarta mempunyai ciri khas dalam tampilan warna dasar putih yang mencolok bersih. Pola geometri keraton Yogyakarta sangat khas, besar-besar, dan sebagian di antaranya diperkaya dengan parang dan nitik,” ucap Ibu Sastronegoro.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar