Rabu, 11 Maret 2020

Babinsa Koramil 10/Wirobrajan Bersama PKK Rw. 05 Melaksanakan Penyuluhan Lorong Sayur


Yogyakarta - Pemerintah Kota Yogyakarta yang terus menggencarkan program Lorong Sayur, menjadi salah satu alasan pelaksanaan kegiatan penyuluhan lorong sayur di Rw. 05 Kampung Sindurejan Kelurahan Patangpuluhan, Kecamatan Wirobrajan Kota Yogyakarta. Lorong sayur sebagai salah satu upaya yang bisa dilakukan masyarakat perkotaan untuk mendukung ketahanan pangan keluarga di tengah terbatasnya lahan pertanian.

Melihat kondisi tersebut Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Rw. 05 Kelurahan Patangpuluhan bersama Babinsa Kelurahan Patangpuluhan Koramil 10/Wirobrajan Sertu Tri Haryanto mengadakan pelatihan lorong sayur secara swadaya masyarakat. Keterbatasan lahan tersebut, disiasati dengan mendorong kampung atau lorong sayur dengan memanfaatkan metode landscape atau taman sayur.

Sertu Tri Haryanto menjelaskan, pelatihan yang dilaksanakan PKK RW 05 ini, dilatar belakangi keinginan dan kebutuhan ibu-ibu dasa wisma yang ingin kampungnya hijau, sekaligus mengurangi pengeluaran belanja dapur. Selain itu, didukung informasi atas program yang terus digalakkan oleh Wakil Walikota Yogyakarta."Jelasnya.

Lebih lanjut, dia menjelaskan, kegiatan ini sebagai langkah awal bagi ibu-ibu untuk memanfaatkan ruang kosong, jalan kampung dan sudut-sudut jalan yang belum maksimal dimanfaatkan. Paling tidak saat ini dimulai dari rumah masing-masing anggota Dasa wisma."Tambahnya.

Sementara, Ketua Kelompok Wanita Tani (KWT) Rw. 05 Kelurahan Patangpuluhan Ibu Sulistiani mengatakan, kegiatan ini sebagai upaya KWT bersama PKK Rw. 05, untuk menstimulus anggota dasa wisma, agar gemar menanam sayur, bahkan buah di lingkungan masing-masing. "Lebih baik memulai saat ini, dari pada tidak berbuat sama sekali. Lebih baik berbuat daripada hanya wacana", katanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar