Rabu, 13 September 2023

Babinsa Dampingi Danramil Hadiri Kegiatan SPAB Di Wilayah Binaan

Yogyakarta - Danramil 05/Pakualaman Kodim 0734/Kota Yogyakarta, Mayor Inf Saidi dan Babinsa Kel. Gunungketur Serda Sumaryono menghadiri kegiatan Simulasi Pelatihan Satuan Pendidikan Aman Bencana (SPAB) yang dilaksanakan di SD N Tukangan, Jl. Suryopranoto No.59, Gunungketur, Pakualaman, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta, Selasa (12/9/2023).

Sosialisasi, edukasi tentang simulasi penanggulangan bencana di tingkat SD dimaksudkan untuk memberikan pembelajaran sejak dini bagi murid SD agar kedepan apabila terjadi suatu kebencanaan sudah memiliki dasar penanganan dan penanggulangannya serta meminimalisir korban bencana.

Hadir pada kegiatan Simulasi tersebut antara lain BPBD Kota Yogyakarta, Danramil, Kapolsek, Pendamping BPBD se Kota Yogyakarta, Kasi Trantib Kem. Pakualaman, Tim medis Puskesmas, Kepala Sekolah SDN Tukangan, Pengawas SD Kem. Pakualaman, Lurah Kel. Gunungketur, Babinsa, Bhabinkamtibmas, Ketua Kampung Gunungketur, Ketua RW 01 Kp. Gunungketur, Ketua RT 01, RT 02 Kp. Gunungketur.

Dalam keterangannya Febrinda Tara staf BPBD Kota Yogyakarta menjelaskan, "Pelaksanaan kegiatan SPAB yang dimulai dengan melaksanakan teori yang dilaksanakan pada tanggal 4-7 September 2023, yang melibatkan guru dan karyawan SDN Tukangan serta warga dari RT 01 RT 02 RW 01 Kp. Gunungketur," terang Febrinda Tara.

"Secara teknis kegiatan dimulai dari SD N Tukangan kemudian menuju ke titik kumpul dan dievakuasi menuju Jl. Purwanggan RT 01, Gunungketur, dipandu oleh instruktur dari BPBD Kota Yogyakarta," imbuh Febrinda T.

Kepala Bidang Pencegahan Kesiapsiagaan dan Data Informasi Komunikasi Kebencanaan BPBD Kota Yogyakarta Aki Lukman Nor Hakim, S.T., M.T., mengatakan, "Setelah pelaksanaan kegiatan simulasi, tahap berikutnya adalah konsolidasi untuk meyakinkan selama kegiatan tidak ada kendala dan kedepan latihan ini busa sebagai acuan apabila terjadi kebencanaan," ujar Aki Lukman Nor Hakim, S.T., M.T.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar