Rabu, 13 September 2023

Babinsa Kelurahan Giwangan Ikuti Sosialisasi Pengawasan Mutu Komoditas Pertanian

Yogyakarta - Dinas Pertanian dan Pangan Kota Yogyakarta melaksanakan sosialisasi Pengawasan Mutu Komoditas Pertanian di kelompok Wanita Tani Kelurahan Giwangan, Kemantren Umbulharjo di Pendopo Kelurahan Giwangan, Jalan Pemukti Blok 7 No. 700, Giwangan, Selasa (12/9/3023).

Sosialisasi dibuka dan dipandu oleh Ibu Yuanita Ari Astuti, S.Pt selaku Sub Koordinator Kelompok Substansi Pengawasan Mutu Pangan dari Dinas Pertanian dan Pangan Kota Yogyakarta yang menyampaikan bahwa sesuai amanat UU Nomor 18 Tahun 2012 tentang Pangan, konsumen berhak mendapatkan perlindungan keamanan pangan sehingga dapat dengan mudah mengakses pangan yang bermutu, aman dan halal. 

“Pangan yang bermutu ditentukan sejak dari produksi, distribusi hingga sampai ke konsumen. Kegiatan sosialisasi ini menyasar kelompok tani yang menyediakan pangan segar asal tumbuhan karena untuk meminimalkan potensi bahaya/cemaran pangan segar semenjak dari proses budidaya. Kelompok tani di wilayah Kota Yogyakarta merupakan petani dengan lahan yang sempit karena hanya memanfaatkan pekarangan rumah,” tutur Yuanita Ari Astuti.

Babinsa Kelurahan Giwangan, Serda Wiwiet Nugroho bersama Bhabinkamtibmas Aiptu Basori Anwar sangat mendukung kegiatan ini agar bermanfaat untuk kepentingan masyarakat, dan juga salut kepada pemerintah Kota Yogyakarta yang berkolaborasi dengan pemerintah guna mengedukasi masyarakat dalam mengkonsumsi pangan segar asal tumbuhan, khususnya dengan menggalakkan menanam sendiri sayuran dan buah yang bermutu dan aman seperti yang sedang digalakkan di Kelurahan Giwangan.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar