Selasa, 12 September 2023

Wujud Nyata Babinsa Ngupasan Dalam Mendukung Pelestarian Budaya

Yogyakarta - Dalam rangka mendorong dan mendukung pelestarian budaya di wilayah binaan, Serka Kuntoro Wiratmaja, Babinsa Ngupasan Koramil 12/Gondomanan, Kodim 0734/Kota Yogyakarta menghadiri acara doa bersama dalam rangka angka dimulainya pengerjaan perawatan rumah budaya Ketandan No. 09 Jln. Ketandan Lor, Kelurahan Ngupasan, Kemantren Gondomanan, Kota Yogyakarta, Senin (11/09/2023).

Acara yang diselenggarakan oleh Dinas Kebudayaan DIY tersebut sebagai upaya pemerintah Kota Yogyakarta untuk mempertahankan nilai-nilai seni budaya, nilai tradisional dengan mengembangkan perwujudan yang bersifat dinamis, luwes dan selektif, serta menyesuaikan dengan situasi dan kondisi yang selalu berubah dan berkembang.

Menurut Serka Kuntoro Wiratmaja, rumah Ketandan menyimpan keunikan sejarah dan arsitektur yang sangat kental muatan Etnis Tionghoa. Di kawasan Kampung Ketandan sendiri banyak terdapat rumah bertingkat dengan arsitektur Tionghoa dan juga merupakan saksi sejarah akulturasi antara budaya Tionghoa, Keraton dan masyarakat Yogyakarta. 

“Di Kampung Ketandan terdapat peninggalan sejarah Etnis Tionghoa, Pemerintah Kota Yogyakarta akan selalu mendukung perawatan rumah budaya melalui Dinas Kebudayaan DIY sehingga peninggalan sejarah Etnis Tionghoa yang ada tetap terjaga” ucap Serka Kuntoro.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar