Rabu, 22 Februari 2023

Babinsa Prawirodirjan Melaksanakan Pemberian Makanan Tambahan Pada Balita Stunting

JOGJA KOTA - Babinsa Prawirodirjan Koramil 12/Gondomanan Kodim 0734/Kota Yogyakarta Sertu Ali Anwar melaksanakan kegiatan Pemberian Makanan Tambahan kepada anak Stunting bertempat di RT 16 Kelurahan Prawirodirjan, Kemantren Gondomanan, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta. Selasa (21/02/2023)

Stunting adalah kondisi gagal pertumbuhan yang terjadi pada anak balita bahkan di negara berkembang saat ini seperti Indonesia. Stunting ditandai dengan anak yang masih dalam kandungan hingga berusia 2 tahun. Sehingga anak terlalu pendek untuk usianya dan memiliki keterlambatan dalam berpikir. Gejala fisik terlihat lebih jelas antara usia 24 hingga 59 bulan.

Faktor ibu dan pola asuh juga menjadi penyebab utama anak mengalami stunting. Bahkan, di masa kehamilan ibu yang kurang mengonsumsi makanan yang bergizi akan sangat berpengaruh pada pertumbuhan tubuh dan otak anak.

Sehubungan dengan itu Pemberian Makanan Tambahan (PMT)pada balita merupakan salah satu upaya yang memiliki potensi cukup besar dalam penurunan angka prevalensi stunting. Kegiatan itu dilakukan oleh TNI AD dalam hal ini melalui Babinsa sebagai ujung tombak TNI AD dengan menyalurkan bantuan tambahan makanan bagi balita Stunting serta kerja sama dari beberapa puskesmas dan posyandu yang ada di wilayah binaan serta pihak pemerintah kelurahan terkait.

Pada kesempatan tersebut Babinsa Prawirodirjan Sertu Ali Anwar menyampaikan bahwa pemberian makanan tambahan (PMT) pada balita bertujuan untuk meningkatkan gizi pada Balita guna mencegah stunting pada masa pertumbuhan.disamping itu juga Babinsa selalu memberikan informasi tentang pentingnya melakukan pelayanan kesehatan kepada balita yang datang ke Posyandu seperti pengukuran tinggi badan, lingkar lengan, lingkar kepala, berat badan, dan pembagian vitamin A serta pendataan pada kondisi Balita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar