Rabu, 15 Februari 2023

Koramil 04/Danurejan Mensosialisasikan Pentingnya Menanam Tanaman Sayur Dan Obat Keluarga

KOTA JOGJA - Babinsa Koramil 04/Danurejan, Pelda Purwanto melaksanakan kegiatan pendampingan sekaligus mensosialisasikan kepada masyarakat tentang pentingnya Tanaman Sayur dan Obat Keluarga (TOGA) di kelompok Tani Gemah Ripah, Kampung Bausasran, Kelurahan Bausasran, Kemantren Danurejan, Kota Yogyakarta. Rabu (15/02/23)

Babinsa Koramil 04/Danurejan, Pelda Purwanto mengatakan,"bahwa Tanaman obat keluarga (TOGA) merupakan tanaman yang bisa ditanam atau dibudidayakan di pekarangan rumah dan mempunyai manfaat sebagai Obat-obatan Herbal Tradisional. Seiring berjalannya waktu dimana Obat-obatan mahal untuk dibeli, Masyarakat terdorong kembali menggunakan Obat-obat tradisional yang boleh dikatakan bebas dari komponen bahan-bahan kimia yang memungkinkan dapat berakibat fatal bagi kesehatan tubuh.

Tujuannya untuk memudahkan Masyarakat mencari Obat-obatan dalam keadaan genting dan gawat. serta program Toga ini sebagai antisipasi pencegahan awal apabila ada keadaan genting seperti luka, dengan menggunakan Toga yang sudah ada tadi.

Adapun kegiatan yg dilaksanakan tentang penyuluhan manfaat TOGA (Tanaman Obat Keluarga) dan jenis jenis tanaman Toga yang harus ditanam kepada kelompok Tani Gemah Ripah di Kampung Bausasran Kemantren Danurejan, Kota Yogyakarta yaitu antara lain Jahe, Kunir, Lengkuas, Temu lawak dan jenis lainya.Kegiatan yg dilaksanakan bertujuan untuk memberikan motifasi dan semangat kepada kelompok tani Gemah Ripah untuk membudidayakan tanaman obat guna melindungi keluarga dan meningkatkan kesejahteraan Masyarakat.

Komandan Koramil 04/Danurejan, Mayor Inf Emanuel Andrianto, S.Sos mengatakan, "Budidaya Tanaman Obat untuk Keluarga (TOGA) dapat memacu usaha kecil dan menengah di bidang obat-obatan herbal sekalipun dilakukan secara Individual. Setiap keluarga dapat membudidayakan tanaman Obat secara mandiri dan memanfaatkannya, sehingga akan terwujud prinsip kemandirian dalam pengobatan Keluarga.

Dikatakan lagi, Sebenarnya menanam Tanaman Obat Keluarga (TOGA) adalah pola hidup yang sederhana, yaitu dengan memanfaatkan tumbuh-tumbuhan yang bisa dijadikan sebagai obat herbal dalam kehidupan sehari-hari karena setiap tumbuhan tersebut mempunyai manfaat tersendiri untuk mengobati penyakit tertentu.

Kegiatan ini merupakan salah satu program Komsos yang dapat kami lakukan di dalam rangkaian proses Komunikasi sosial pada warga binaan. Kegiatan ini penting dilakukan agar masyarakat mengetahui dan memanfaatkan tanaman-tanaman obat yang ada disekitar untuk mengobati penyakit-penyakit tertentu sebelum memutuskan untuk melakukan pengobatan medis yang menggunakan obat-obatan kimia," pungkasnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar