Selasa, 21 Februari 2023

Koramil Kraton Melaksanakan Pengamanan Tradisi Adat Labuhan Kraton Yogyakarta

JOGJA KOTA - Danramil Kraton Mayor Caj (K) Erni Sudarwati S.Pd., bersama anggota melaksanakan pengamanan dalam rangka hajat nDalem tradisi adat Labuhan Jumenengan nDalem Sri Sultan Hamengku Buwono X di Bangsal Ponconiti Keben Kraton Yogyakarta, Selasa (21/2/2023).

Tradisi Labuhan juga bertepatan dengan Tingalan Jumenengan Dalem ke-34 atau 34 Tahun Kenaikan Tahta Sri Sultan Hamengku Buwono X berdasarkan hitungan Tahun Jawa dan merupakan upacara tahunan. Upacara adat tetap dilaksanakan, namun hanya yang berupa ritual inti semenjak Covid-19 beberapa tahun lalu.

Labuhan sendiri merupakan pemaknaan dari rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa (YME) atas keselamatan yang diperoleh oleh rakyat Jogja serta permohonan doa kepada Tuhan YME agar sang Sultan, Kraton, dan rakyat DIY dilindungi dari marabahaya.

Hadir dalam acara tersebut KPH. Wironegoro, KPH. Notornegoro, KPH. Yudhonegoro dan KPH. Purbodiningrat yang merupakan menantu Sultan Hamengku Buwono ke X pada prosesi upacara adat labuhan yang akan di bawa gunung Merapi, gunung Lawu dan pantai Parangkusumo Bantul Yogyakarta.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar