Jumat, 20 Januari 2023

Babinsa Hadiri Musrembang Tingkat Kelurahan

JOGJA KOTA - Babinsa Kelurahan Prenggan Koramil 08 Kotagede Kodim 0734 Kota Yogyakarta mengikuti kegiatan Musrenbang tingkat kelurahan di Pendopo Abdi Praja Kemantren Kotagede Kota Yogyakarta. Kamis (19/01/2023).

Kelurahan Prenggan mengadakan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Tahun 2023. Musrenbang Kelurahan Prenggan Tahun 2023 dengan tema "Penguatan Kualitas Sumber Daya Manusia untuk Keberlanjutan Pembangunan Kota Yogyakarta".

Kegiatan dihadiri oleh Bapak Mantri Pamong Praja Kotagede, Mantri Anom Kotagede, Lurah Kelurahan Prenggan, Ketua LPMK Prenggan, Anggota Dewan se Dapil V Kota Yogyakarta, Kapolsek diwakili Panit Bimas Polsek Kotagede, Danramil diwakili Babinsa Kelurahan Prenggan, Kepala Puskesmas Kotagode 1, Pengurus PKK Kelurahan Prenggan, Faskel Bank Sampah Kelurahan Prenggan , Ketua Kampung se Kelurahan Prenggan, Ketua RW se Kelurahan Prenggan dan perwakilan Lembaga se-Kelurahan Prenggan.

Musrenbang merupakan agenda tahunan di mana warga saling bertemu mendiskusikan masalah yang mereka hadapi dan memutuskan prioritas pembangunan jangka pendek. Ketika prioritas telah tersusun, kemudian di usulkan kepada pemerintah di level yang lebih tinggi, dan melalui badan perencanaan (BAPPEDA) usulan masyarakat dikategorisasikan berdasar urusan dan alokasi anggaran. Musrenbang di kelurahan dilaksanakan selama bulan Januari.

Proses penganggaran partisipatif ini menyediakan ruang bagi masyarakat untuk menyuarakan kebutuhan mereka pada pihak pemerintah. Musrenbang merupakan pendekatan bottom-up di mana suara warga bisa secara aktif mempengaruhi rencana anggaran kota dan bagaimana proyek-proyek pembangunan disusun.

Diharapkan dengan kegiatan Musrenbang ini mampu menampung dan merealisasikan usulan dari masyarakat Kelurahan Prenggan, mulai dari pekerjaan fisik wilayah sampai dengan pemberdayaan masyarakat di wilayah Kelurahan Prenggan.

Babinsa Serka Harmen mengatakan," Sebagai aparat kewilayahan tentunya kami akan selalu siap membantu dan mendukung setiap program pembangunan yang telah direncanakan oleh pihak Kelurahan dengan harapan dapat memajukan dan meningkatkan pembangunan yang lebih baik lagi,” Tutur Babinsa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar