Jumat, 20 Januari 2023

Rapat Koordinasi Pembinaan Dan Peningkatan Kapasitas Linmas Kemantren Wirobrajan

JOGJA KOTA - Satuan Perlindungan Masyarakat atau yang sering disebut dengan Linmas adalah warga masyarakat yang disiapkan dan dibekali pengetahuan serta keterampilan untuk melaksanakan kegiatan penanganan bencana guna mengurangi dan memperkecil akibat bencana, serta ikut memelihara keamanan, ketentraman dan ketertiban masyarakat, kegiatan sosial kemasyarakatan.


Untuk meningkatkan kapasitas tugas Linmas, Jawatan Keamanan Kemantren Wirobrajan melaksanakan rapat koordinasi bersama Koramil 10/Wirobrajan dan Polsek Wirobrajan dalam rangka pembinaan linmas Tahun 2023. Kamis (19/01/2023).

Mantri Pamong Praja Kemantren Wirobrajan Sarwanto S.I.P M.M dalam sambutannya menjelaskan, Linmas mempunyai tugas melaksanakan kegiatan perlindungan masyarakat dalam rangka penanggulangan bencana dan penanganan pengungsi, membantu aparat pemerintah dalam memelihara keamanan, ketentraman dan ketertiban masyarakat, serta membantu kegiatan sosial kemasyarakatan di desa / kelurahan.

"Untuk itu tenaga Linmas yang ada di setiap RT/RW bisa lebih berdaya guna dalam kehidupan masyarakat, misalnya dalam pengamanan TPS Pemilu Tahun 2024 yang akan datang, Linmas harus tahu tugas dan tanggung jawabnya," jelasnya.

Babinsa Kelurahan Patangpuluhan Koramil 10/Wirobrajan Sertu Tri Haryanto pada kesempatan yang sama juga menjelaskan, Linmas Kemantren Wirobrajan bulan maret 2023 akan dibekali dengan pelatihan meliputi peraturan baris berbaris (PBB), kemampuan penanganan bencana alam, pengaturan lalu lintas serta pengetahuan dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat.

"Selain itu, yang tidak kalah pentingnya adalah koordinasi dan komunikasi antar anggota Linmas, dengan aparat kelurahan termasuk didalamnya dengan Babinsa dan Babinkamtibmas, dengan harapan di Linmas di Kemantren Wirobrajan  nantinya dapat diberdayakan kapanpun dibutuhkan," pungkasnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar