Kamis, 26 Januari 2023

Babinsa Koramil Kraton Pengamanan Pengembalian Kereta Pusaka Kraton Yogyakarta

Yogyakarta - Anggota Koramil 11/Kraton bersama Polsek Kraton melaksanakan kegiatan pengamanan pengembalian Kereta Pusaka Kraton dari Bangsal Pagelaran ditempatkan kembali di Museum Kereta Jalan Rotowijayan, Kemantren Kraton Yogyakarta. Iring-irangan Kereta Pusaka Kraton keluar dari Bangsal Pagelaran menuju Museum Kereta Pusaka Kraton sebanyak kurang lebih 23 Kereta, Rabu (25/1/2023). 

Menurut Babinsa Kraton Serka Stefanus dari beberapa Kereta Pusaka terdapat Kereta utama dan Kereta penderek serta tiga Patung Kuda yang di ditempatkan di Pagelaran kemudian Kereta Pusaka tersebut juga harus melalui doa untuk keselamatan terlebih dahulu sebelum dipindahkan. 

Karena revilitasi museum di Kraton sudah selesai sehingga bisa dipergunakan kembali untuk penempatan Kereta Pusaka untuk nantinya warga masyarakat sudah dapat kembali bisa melihat koleksi Kereta Pusaka Kraton. 

Hingga saat ini dengan adanya revitalisasi museum Kereta Kraton lokasi ruangan diperluas di sisi selatan akan tampak lebih tertata dengan rapi. Lokasi tersebut merupakan eks hunian abdi dalem Kraton yang dahulunya bernama kestalan dengan kurang lebih 15 KK yang menempatinya selama berpuluh-puluh tahun dan mendapatkan relokasi tempat baru di Nagan Kidul Kelurahan Patehan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar