Kamis, 15 Juni 2023

Kodim 0734/Kota Yogyakarta Turut Ramaikan Kegiatan Pelayanan KB Serentak Sejuta Akseptor

Yogyakarta - Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (DP3AKB) Kota Yogyakarta, gelar pelayanan KB serentak sejuta akseptor dalam rangka Rangkaian Kegiatan Hari Keluarga Nasional (Harganas), HUT Pemerintah Kota Yogyakarta ke-76, HUT RS Pratama ke-7 tahun 2023 di Rumah Sakit Pratama Kota Yogyakarta, Rabu (14/06/2023).

Kegiatan ini dihadiri dan disaksikan langsung oleh Pj Walikota Yogyakarta diwakili Staf Ahli Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Kota Yogyakarta Wirawan Haria Yudha, S.H., Komandan Kodim 0734/Kota Yogyakarta diwakili Plh Kasdim Mayor Arh Asil Harjanto., Direktur RS Pratama Kota Yogyakarta drg. Arief Haritono, M.Kes., Ka. Perwakilan BKKBN DIY Shodiqin, S.H., M.H., Kepala DP3AKB) Kota Yogyakarta Ir. Edy Muhammad., Ketua Baznas Kota Yogyakarta, Mantri Pamong Praja Kemantren Mergangsan, Danramil dan Kapolsek se-Kota Yogyakarta, Lurah Brontokusuman, Ketua TP PKK Kelurahan Brontokusuman dan Ketua IBI Kota Yogyakarta.

Kepala DP3AKB) Kota Yogyakarta Ir. Edy Muhammad dalam laporannya mengatakan, dalam rangka penurunan stunting Kota Yogyakarta target Kota yang sudah akseptor cukup banyak 1849 terdiri dari kondom 1011, suntik 433, IUD 137, implant 35, MOW 5, MOP 1.

“Sementara hasil yang dicapai di Kota Yogyakarta sampai dengan 9 Juni 2023 untuk implant 34,49%, IUD 50 %, MOW 39,68%, MOP 57%, cabut implant 52,78% sehingga hasil rata-rata baru 47,9%,” terangnya.

Lebih lanjut Edy Muhammad menerangkan, yang dilakukan hari ini di RS Pratama dari yang mendaftar 30, namun yang ikut IUD 27, Implan 16, pasca salin 22 dan MOW 1. Bersamaan ini pula di RS Wirosaban Kota Yogyakarta juga ada MOW 16 dan MOP 1.

Dalam kesempatan ini, dilakukan penyerahan secara simbolis alat kontrasepsi oleh Perwakilan Ka. BKKBN DIY kepada Direktur RS Pratama sebagai penanda dimulainya pelayanan KB serentak sejuta akseptor di Kota Yogyakarta. Penyerahan secara simbolis bantuan CSR untuk perbaikan gizi Balita dalam rangka percepatan penurunan stunting di Kota Yogyakarta dari ketua Baznas kepada Mantri Pamong Praja Kemantren Mergangsan dan Pakualaman serta penandatanganan Deklarasi menuju Kelurahan Bebas Stunting.

Acara dilanjutkan dengan peninjauan pelaksanaan kegiatan pelayanan KB yang berada di lantai 3 RS Pratama Kota Yogyakarta.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar