Rabu, 05 April 2023

Babinsa Prawirodirjan Dan Bhabinkamtibmas Menyalurkan Makanan Tambahan Kepada Balita Stunting

Yogyakarta - Dalam menunjang target penurunan Stunting 14 persen di tahun 2024, Babinsa Prawirodirjan Koramil 12/Gondomanan Sertu Ali Anwar bersama Bhabinkamtibmas melaksanakan penyaluran bantuan makanan tambahan kepada Balita tergolong Stunting di RT. 17, RW. 06 Kelurahan Prawirodirjan, Kemantren Gondomanan, Kota Yogyakarta, Selasa (04/04/2023).

Menurut Sertu Ali, Stunting merupakan masalah kurang gizi kronis yang disebabkan oleh kurangnya asupan gizi dalam waktu yang cukup lama, sehingga mengakibatkan gangguan pertumbuhan pada anak yakni tinggi badan anak lebih sehingga anak terlalu pendek untuk usianya dan memiliki keterlambatan dalam berpikir. Gejala fisik terlihat lebih jelas antara usia 24 hingga 59 bulan. Faktor ibu dan pola asuh juga menjadi penyebab utama anak mengalami stunting. Bahkan, di masa kehamilan Ibu yang kurang mengonsumsi makanan yang bergizi akan sangat berpengaruh pada pertumbuhan tubuh dan otak anak. 

Sehubungan dengan itu Pemberian Makanan Tambahan (PMT) pada Balita merupakan salah satu upaya yang memiliki potensi cukup besar dalam penurunan angka prevalensi stunting. Kegiatan itu dilakukan oleh TNI AD dalam hal ini melalui Babinsa sebagai ujung tombak TNI AD bersama dengan Bhabinkamtibmas menyalurkan bantuan tambahan makanan bagi balita Stunting serta kerja sama dari beberapa Puskesmas dan Posyandu yang ada di wilayah binaan serta pihak pemerintah Kelurahan terkait.

Diharapkan dengan kegiatan penyaluran bantuan makanan tambahan ini bisa berdampak positif terhadap Balita Stunting dalam pemenuhan kebutuhan gizi sehingga kedepannya dapat membantu menurunkan angka Stunting yang berada diwilayah kota Yogyakarta.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar