Selasa, 14 Maret 2023

Babinsa Kelurahan Tahunan Semarakkan Kirab Budaya Apem

Yogyakarta - Babinsa Koramil 07/Tahunan, Serma Teguh Susilo, Selasa (14/3/2023) melaksanakan pengamanan dan ikut menyemarakkan kegiatan Kirab Apem di wilayah Kelurahan Tahunan, Umbulharjo, Yogyakarta yang telah diselenggarakan sejak tahun 2014.

Kearifan lokal yang terkait dengan kebudayaan memiliki arti penting untuk menjaga keberlanjutan dan kelestarian budaya terlebih di tengah-tengah modernisasi yang dalam kenyataannya dapat menggeser nilai-nilai budaya lokal.

Syarat nilai-nilai terkandung didalamnya diturunkan melalui suatu aktivitas ritual dan pendidikan, namun demikian dalam kenyataan tradisi tersebut hanya merupakan sebagian dari kehidupan masyarakat yang masih kokoh mempertahankan tradisi.

Fasilitas partisipasi masyarakat dalam pengelolaan kekayaan budaya merupakan suatu wahana pelestarian budaya melalui interaksi kegiatan budaya secara langsung yang bersifat multikulturalisme di Kota Yogyakarta khususnya di Kelurahan Tahunan.

Kirab budaya apem  ini dalam setiap penyelenggaraannya telah berhasil menjadi wahana interaksi dan edukasi budaya serta menjadi suatu kegiatan pelestarian budaya yang ditunggu-tunggu masyarakat khususnya masyarakat Tahunan dan sekitarnya sebagai kegiatan pelestarian budaya dengan kegiatan utama yaitu Tahunan bersholawat, lomba UKM membuat Apem, Keroncong, Ketoprak Budaya Apem  Lomba mewarnai anak, Musik Hadrah dan ditutup dengan acara Kirab Budaya Apem.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar