Senin, 13 Maret 2023

Tradisi Nyadran Sebagai Bentuk Meningkatkan Potensi Budaya

Yogyakarta - Babinsa Kelurahan Purbayan Koramil 08/Kotagede Kodim 0734/Kota Yogyakarta Serda Agus Santoso mengikuti kegiatan tradisi Nyadran di Kampung Gedongan Kelurahan Purbayan Kemantren Kotagede sebagai wujud upaya membantu program pemerintah dalam meningkatkan potensi budaya di wilayah binaan, Minggu (12/03/2023).

Serda Agus Santoso menjelaskan, Nyadran merupakan tradisi yang dilakukan oleh warga masyarakat di bulan Sya'ban (Kalender Hijriyah) atau Ruwah (Kalender Jawa) untuk mengucapkan rasa syukur yang dilakukan secara kolektif dengan mengunjungi makam leluhur. Nyadran dimaksudkan sebagai sarana mendoakan leluhur yang telah meninggal dunia, mengingatkan diri bahwa semua manusia pada akhirnya akan mengalami kematian, juga dijadikan sebagai sarana guna melestarikan budaya gotong royong dalam masyarakat sekaligus upaya untuk dapat menjaga keharmonisan bertetangga.

"Tradisi Nyadran dilakukan dengan kearifan lokal masing-masing sehingga di beberapa tempat terdapat perbedaan-perbedaan dalam prosesi pelaksanaannya. Biasanya diawali dengan melakukan besik, yaitu pembersihan makam leluhur dengan bergotong-royong, menggelar doa bersama dipimpin oleh tokoh adat setempat dilanjutkan kenduri dan makan bersama. Acara diakhiri dengan kirab Bergodo dan Gunungan berupa hasil bumi," ucap Serda Agus.

"Dalam kegiatan Nyadran terdapat nilai-nilai sosial budaya seperti gotong royong, pengorbanan, ekonomi, menjalin silaturahmi dan saling berbagi antar masyarakat.  Peran aktif Babinsa dalam mengikuti kegiatan Nyadran di wilayah merupakan implementasi komunikasi sosial bersama warga masyarakat di wilayah, sehingga dapat meningkatkan Kemanunggalan TNI dengan Rakyat," tutup Babinsa.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar