Selasa, 14 Maret 2023

Babinsa Purbayan Laksanakan Pemantauan Kawasan Wisata Masjid Mataram dan Makam Panembahan Senopati

Yogyakarta - Kotagede merupakan salah satu wilayah di Yogyakarta yang masih lekat dengan warisan bersejarah. Salah satunya adalah makam Raja-raja Mataram Islam yang terletak di Kemantren Kotagede selatan Kota Yogyakarta. Kompleks Makam Raja Kotagede atau Pasareyan Hastana Kitha Ageng merupakan kompleks makam bagi raja-raja Mataram Islam pertama yang dibangun oleh Panembahan Senopati.

Menurut Babinsa Kotagede Sertu Wandi, letak kompleks dari Kerajaan Mataram Islam Yogyakarta berada di sebelah barat Masjid Gedhe Mataram di Kotagede. Raja pertama Mataram Islam, Danang Sutawijaya atau Panembahan Senopati dan Raja kedua Mataram Islam, Mas Jolang atau Panembahan Hanyakrawati dikebumikan di komplek makam ini. Selain itu ayah Panembahan Senopati, yakni Ki Ageng Pemanahan dan Raja Pajang, Joko Tingkir atau Sultan Hadiwijaya juga turut dimakamkan di kompleks Makam Raja Kotagede ini.

Sertu Wandi mengatakan, sebagai makam Raja, mereka yang ingin berziarah harus mengikuti beberapa aturan, seperti bagi para peziarah wanita diharuskan menggunakan kain jarik sebatas dada atau kemben dan tidak diperbolehkan memakai kerudung atau penutup kepala. Sedangkan bagi para peziarah laki-laki harus memakai kain jarik dan atasan berupa baju peranakan. Kedua pakaian yang dikenakan peziarah perempuan dan laki-laki merupakan pakaian abdi dalem. Pengunjung juga tidak diperkenankan untuk mengambil gambar atau memotret selama berada di kawasan makam. Pengunjung juga diharuskan untuk melepas alas kaki saat memasuki komplek makam.

"Bagi wisatawan yang ingin mengunjungi tempat ini sebaiknya datang pada hari Senin, Kamis, Jumat, dan Minggu. Sedangkan selama bulan Ramadhan, Kompleks Makam Raja-raja Mataram Islam tutup," ucap Sertu Wandi.

Kegiatan Babinsa melaksanakan patroli sambang dan pemantauan di kawasan Masjid Mataram dan Makam Raja yang merupakan kawasan Religi di wilayah sebagai wujud upaya membantu melestarikan cagar budaya dan menggeliatkan potensi wisata di wilayah binaan.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar