Senin, 21 Agustus 2023

Babinsa Bersama Bhabinkamtibmas Purbayan Melaksanakan Pemantauan Lomba Kirab Budaya

Yogyakarta - Babinsa Kelurahan Purbayan Koramil 08/Kotagede, Kodim 0734/Kota Yogyakarta, Serda Agus Santosa melaksanakan pemantauan lomba kirab budaya Gunungan modern Basen Greget Gumregah bertempat di balai RW 04 Maharani, Purbayan, Minggu (20/08/2023).

Kegiatan tersebut dihadiri oleh MPP Kemantren Kotagede diwakili, Dwi Budianto, S.E (Anggota DPR), Nurcahyo Nugroho (Angtt DPR), Kepala KUA Kotagede, Babinsa dan Bhabinkamtibmas Purbayan, Ketua kampung Basen, Ketua RW RT dan segenap warga kampung Kembang Basen Kelurahan Purbayan.

Serda Agus Santoso mengatakan, Kirab Gunungan adalah salah satu cara untuk melestarikan rasa syukur kepada Tuhan Yang maha Esa dengan mengeluarkan sedekah yang berupa hasil bumi yang dibentuk tumpeng gunungan dengan doa dan harapan semoga diberi rejeki yang melimpah barokah dan manfaat.

“Maksud dari pelaksanaan kirab budaya yaitu selain menyemarakkan HUT Kemerdekaan RI ke-78, juga untuk melestarikan Budaya Jawa, mempererat persaudaraan dan gotong royong, mengenalkan budaya kepada pemuda sebagai generasi penerus agar melestarikan serta mencintai budaya sendiri,” ucap Serda Agus.

"Kegiatan ini sudah menjadi tradisi warga masyarakat. Hal ini tak lepas, karena di momen-momen seperti inilah, rasa kebersamaan dan persaudaraan dapat dirasakan oleh seluruh warga," tandas Agus.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar