Jumat, 11 Agustus 2023

Batituud Koramil 08/Kotagede Hadiri Kegiatan Workshop Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM)

Yogyakarta - Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM) adalah suatu wadah elemen masyarakat yang dibentuk dalam rangka untuk ikut menjaga dan memelihara kewaspadaan dini masyarakat, yaitu suatu upaya untuk deteksi dini dan cegah dini terhadap potensi ancaman, tantangan, hambatan dan gangguan yang mungkin timbul di tengah masyarakat, dengan melibatkan segenap elemen masyarakat. 

Pada kesempatan itu  Batituud Koramil 08/Kotagede Kodim 0734/Kota Yogyakarta Pelda Suwarjo mengikuti kegiatan Workshop Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat bertempat di Pendopo Kemantren Kotagede, Kamis (10/08/2023). 

"Dengan adanya kegiatan ini diharapkan FKDM Kemantren Kotagede dapat memberi sumbangsih yang positif bagi wilayah dalam menciptakan situasi dan kondisi yang kondusif ditengah masyarakat, sehingga Kemantren Kotagede selalu menjadi rumah yang nyaman, aman, dan menyejukkan dalam bingkai kebhinekaan dan keistimewaan," Ucapnya. 

"FKDM sebagai komunitas Intelijen Berbasis Masyarakat di era digital adalah menjadi mitra  aparat kewilayahan untuk dapat memberikan informasi awal berkaitan dengan perkembangan situasi di lingkungan masing - masing baik secara individu maupun kelembagaan guna menentukan langkah dalam deteksi dini dan cegah dini diwilayah,” tegasnya. 

"Potensi kerawanan  yang harus kita perhatikan diantaranya adalah kejahatan umum, kenakalan remaja, Genk, tawuran antar etnis, penyalahgunaan Narkoba, Traficking, Konflik Ekonomi, Politik, Sosial, Identitas, Terorisme, Radikalisme dan Intoleran. Diperlukan sinergitas antar aparat kewilayahan dan elemen masyarakat untuk bersama-sama dalam menangkal , mendeteksi dini dan mencegah dini potensi kerawanan tersebut diwilayah binaan." harapnya. 

Turut hadir dalam acara tersebut: Mantri Pamong praja Kemantren Kotagede, Kesbangpol Kota Yogyakarta, Kapolsek Kotagede, Danramil Kotagede, Ketua FKDM Kota Yogyakarta, Bhabinkamtibmas,  Ketua FKDM  Kemantren Kotagede,  Ketua Kampung se-Kemantren Kotagede, dan Anggota FKDM se-Kemantren Kotagede.

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar