Rabu, 13 Februari 2019

Babinsa Koramil 13/ Ngampilan Bangun Jamban untuk Warga

Babinsa Koramil 13/ Ngampilan Bangun Jamban untuk Warga



Kodimjogja.com - Program jambanisasi adalah salah satu bentuk kegiatan karya bhakti yang dilaksanakan Koramil di wilayah Kodim 0734Yka. Program ini bertujuan untuk membantu masyarakat yang kurang mampu, mengingat jamban merupakan sarana penting dalam rumah tangga untuk mendukung lingkungan yang sehat dan bersih.


Dalam mewujudkan program tersebut, Babinsa Koramil 13/Ngampilan bersama masyarakat melaksanakan karya bhakti pembuatan jamban di tiga rumah warga, yakni milik Bpk. Jianto di RT. 19/RW. 03, Gendingan, di rumah Ibu Mismiyati di RT. 07/RW. 02 Ngampilan, Kel. Ngampilan dan  Bpk. RT. 10 RW. 02, Serangan Kel. Notoprajan.


     Komandan Rayon Militer (Danramil) 13/Ngampilan Lettu Inf Makkasau, S.H. menyampaikan kepada seluruh Babinsa dan anggota lainnya agar kepedulian ini harus di tingkatkan, untuk masyarakat agar buang hajat di sungai ataupun di sembarang tempat untuk saat ini sudah tidak jamannya lagi. Disamping di lihat tidak baik, buang hajat di sungai ataupun ditempat sembarang berdampak penyakit yang bisa menyebar.


“Sebelum pembuatan jamban, para Babinsa melakukan pengecekan dan pendataan di lapangan sehingga akan tepat sasaran. Hal ini disamping sebagai aplikasi kegiatan program komando atas, jambanisasi ini sekaligus upaya agar masyarakat bisa hidup sehat,” jelasnya.

Sementara Komandan Kodim 0734 Yogyakarta Letkol (Inf) Bram Pramudya, S.E saat di konfirmasi menegaskan, program bantuan jambanisasi ini sudah berlangsung lama yang merupakan penyediaan sarana sanitasi jamban sehat berbasis masyarakat. Selain itu, meningkatkan kesadaran masyarakat untuk stop buang air besar (BAB) sembarangan.

     “Program stop BAB sembarangan dilakukan melalui kegiatan penyuluhan yang bersifat edutainment untuk memberikan ilmu pengetahuan kepada masyarakat akan pentingnya kesehatan lingkungan dan pembuatan jamban,” tegas Dandim.




     
Penulis    : Koramil 13/Ngampilan
Editor      : 3ono
Sumber    : Pendimjogja

Tidak ada komentar:

Posting Komentar