Kamis, 28 Februari 2019


Kepedulian Babinsa Ngampilan, Tanamkam Kedisiplinan di SMA MUH 5 Yogyakarta







Kodimjogja.com -- Meningkatkan kedisiplinan terhadap siswa sangat penting dilakukan oleh sekolah, mengingat sekolah merupakan tempat generasi penerus bangsa. Salah satu faktor yang membantu para siswa meraih sukses di masa depan yaitu dengan kedisiplinan.  Para siswa dalam melakukan kegiatan belajar di sekolah tidak terlepas dari berbagai peraturan dan tata tertib yang telah diberlakukan disekolahnya dan setiap siswa harus berperilaku sesuai dengan tata tertib tersebut.



SMA Muhamadiyah 5 Yogyakarta menggandeng Koramil 13/Ngampilan melalui Babinsanya yaitu Serda Eko Andriyanto yang setiap  seminggu dua kali pertemuan selalu membina disiplin para siswa SMA Muh 5 Yogyakarta.

Serda Eko Andrianto saat  ditemui media mengatakan bahwa, disiplin adalah suatu kondisi yang terbentuk dari proses dan serangkaian perilaku yang menunjukan nilai ketaatan, kepatuhan dan ketertiban. Dengan adanya kedisiplinan di sekolah diharapkan mampu menciptakan suasana lingkungan belajar yang nyaman dan tentram di dalam kelas.(19/02)
.
“Siswa yang disiplin yaitu siswa yang biasa hadir tepat waktu, taat terhadap semua peraturan yang diterapkan di sekolah, serta berprilaku sesuai dengan norma-norma yang berlaku.” ujar Serda Eko Andriyanto.



Mengenai disiplin siswa, tidak bisa terlepas dari persoalan perilaku negatif pada siswa tersebut, yang pada saat ini semakin memprihatinkan. Banyak tindakan negatif yang dilakukan oleh para siswa di sekolah dari bolos, tawuran atau berkelahi, mencuri, merokok, dan pelangaran-pelangaran yang membahayakan diri sendiri dan orang lain.

Agar disiplin dilingkungan keluarga dapat berjalan dengan baik , maka sangat diharapkan kerjasama antara semua anggota keluarga yang ada dirumah tersebut. Diharapkan juga kesadaran anak itu sendiri dalam upaya membina kedisiplinan.

Untuk itu Serda Eko menerapkan disiplin dengan melatih Baris berbaris dan latihan ketangkasan serta dilatih tata upacara, sehingga dari itu semua akan tertanam disiplin perorangan dan kelompok yang baik. 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar