Senin, 18 Februari 2019


Kebersamaan  Babinsa Dan Warga Dalam Menjaga  Kebersihan Sungai Code



Kodimjogja.com – Babinsa Koramil 06/Mergangsan Kodim 0734/Yka Serda Sugeng bersama warga maupun tokoh masyarakat berbaur dan antusias dalam pembersihan sampah di sepanjang bantaran sungai Code yang melintasi di wilayah Mergangsan Kel.Keparakan, Yogyakarta. (12/02/2019).

Adapun maksud dan  tujuan  diadakannya kegiatan pembersihan sungai tersebut supaya aliran sungai lancar, tidak terhambat. Selain itu apabila sungainya bersih, sudah pasti air sungai juga bersih dan terhindar dari banjir, ujar Serda Sugeng.

Sampah yang selama ini jadi masalah terutama di kota besar menjadikan pembahasan yang cukup serius. Hal tersebut disebabkan karena kurangnya kesadaran masyarakat  tentang kebersihan lingkungan sehingga membuang sampah sembarangan. Kebanyakan warga kurang menyadari bahaya yang di timbulkan apabila sembarang membuang sampah sembarangan, terutama membuang sampah di sungai sehingga aliran sungai  akan terganggu. Dengan tersumbatnya aliran sungai, maka dampaknya akan terjadi banjir.

Ini merupakan tugas kita bersama, memberikan sosialisasi dan pemahaman kepada semua warga, agar sadar dan membuang sampah pada tempat yang telah di sediakan. Jangan sekali  membuang sampah sembarangan,  terutama  membuang  sampah di sungai, karena bisa membawa dampak banjir, ucap  Bpk. Jangkung,  sebagai tokoh masyarakat yang rumahnya di lintasi sungai Code.

Di tempat yang berbeda  Komandan Koramil 06/Mergangsan, Mayor Inf Sutrisno selalu memberi arahan untuk Babinsa supaya giat memantau di wilayahnya yang di lintasi sungai Code dan mengantisipasi daerah mana yang rawan banyak sampahnya, dan menekankan,  sungai bila ada  sampahnya, supaya segera koordinasi untuk  diadakan pembersihan sungai untuk antisipasi musim hujan supaya terhindar dari bencana banjir di wilayahnya.


Penulis    : Koramil Mergangsan
Editor      : Try
Sumber   : Pendim Jogja

Tidak ada komentar:

Posting Komentar