Senin, 11 Februari 2019

Koramil 13/Ngampilan Ikuti Gerakan PSN di Wilayah Kelurahan Notoprajan

Koramil 13/Ngampilan Ikuti Gerakan PSN di Wilayah Kelurahan Notoprajan



Kodimjogja.com -  Koramil 13/Ngampilan, Kodim 0734/Yka bersama Forkopimka Kec Ngampilan  mendampingi  Dinas Kesehatan Dokter Ketok Pintu Layani Dengan Hati (KPLDH) dalam kegiatan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) di RW  08 Notoprajan Kelurahan Notoprajan. (02/02/19).

Danramil 13/Ngampilan Lettu Inf Makkasau, S.H dan Babinsa Notoprajan dan Kel Ngampilan Serda Wardiyono dan Serda Eko Andriyanto   bersama Bimaspol Aiptu Suyono dan Bripka Hariadi  mendampingi Dr. Dina Puspita Sari dari Puskesmas Ngampilan yang dibantu 2 orang kader  dan 1  pegawai kelurahan  dalam kegiatan tersebut.

Kegiatan PSN ini sangatlah bermanfaat bagi kesehatan masyarakat karena tugasnya untuk mendata kesehatan warga dari penyakit menular maupun tidak menular dengan cara mendeteksi dini mendatangi ke rumah warga, memeriksa, mencatat dan setelah diperiksa rumah warga diberi stiker serta nomer telpon dokter/bidan yang memeriksanya, sehingga sewaktu-waktu ada kasus kesehatan bisa cepat ditangani dengan cepat.

Dalam kegiatan ini, koordinator PSN RW 08 Kelurahan Notoprajan Ny. Sarti mengerahkan 9 orang anggota Kader PSN/Jumantik (Juru Mantau Jentik).Kegiatan PSN kali ini untuk mendeteksi dini penyakit deman berdarah (DBD) yang merupakan salah satu penyebab kematian anak di sebagian besar Asia termasuk Indonesia. Jangan mengabaikan demam berdarah pada anak, karena DBD dapat merenggut nyawa dalam hitungan hari saja.Untuk itu kita harus waspada,  kata Dr Dina Puspita Sari.

Di RW 08  kelurahan Notoprajan  terdapat 51 RT, PSN/Jumantik dilaksanakan seminggu sekali pada hari Jumat secara bergiliran antar RT. Kegiatannya seperti masuk ke rumah-rumah (door to door) dan warga mengecek genangan air yang ada di lingkungan rumah seperti bak kamar mandi, tempat minum kandang burung, pot bunga.

Danramil juga menghimbau kepada warga untuk memperhatikan genangan air yang ada di dekat warga. Tempat dimana ada penampungan air, apa bila ada jentik tindakannya airnya dikuras, dan dihimbau kepada warga masyarakat menggunakan 3M yaitu menguras, menimbun, dan membakar sampah-sampah terutama berupa kaleng yang bisa menampung air hujan, apalagi di Jakarta musim tidak menentu, bahkan sering hujan dibanding cerahnya, kata Danramil 13/Ngampilan.

Dengan diadakan PSN/Jumantik sangat membantu masyarakat dari terjangkit DBD dan dapat mengurangi tingkat kematian.Kegiatan PSN ini dihadiri oleh Lurah Notoprajan, Lurah Ngampilan juga Ketua RW.08 Bpk. HM. Fauzi.

Sebelum melaksanakan PSN terlebih dulu diadakan senam dan olahraga bersama baru setelah selesai dibikin tim untuk melaksanakan pemeriksaan disetiap rumah warga. Kemudian hasilnya akan di kalkulasi terhadap keberadaan Jumantik yang ada disetiap rumah kemudian dilaporkan, apabila memungkinkan akan diadakan Foging.



Penulis    : Koramil 13/Ngampilan

Editor      : 3ono
Sumber    : Pendimjogja

Tidak ada komentar:

Posting Komentar