Sabtu, 09 Februari 2019

Menghadapi Musim Penghujan Babinsa Gowongan Rutin Pantau Kondisi Sungai Codhe

Menghadapi Musim Penghujan Babinsa Gowongan Rutin Pantau Kondisi Sungai Codhe
Kodimjogja.com - Kali Codhe yang berhulu di Sungai Boyong bermata air di kaki  Gunung Merapi yang merupakan salah satu gunung yang aktif di dunia, mata airnya dimanfaatkan untuk pengairan persawahan di Sleman dan Bantul serta dipergunakan juga sebagai sumber air minum. Sungai ini membelah kota Yogyakarta menjadi dua yang secara historis dijadikan dasar bagi berdirinya Kerajaan Mataram di Yogyakarta.
Memasuki musim penghujan banyak terjadi bencana didaerah-daerah yang tergolong rawan, terlebih disepanjang aliran sungai yang sewaktu-waktu dapat menimbulkan bahaya banjir dan tanah longsor, seperti halnya sepanjang aliran kali Codhe. Dalam keadaan apapun kesiapsiagaan harus dimiliki oleh setiap warga guna mengantisipasi hal-hal tersebut yang bertujuan untuk meminimalisir jatuhnya korban jiwa dan kerusakan infrastruktur.
Babinsa Kel. Gowongan, Koramil 01/Jetis Kodim 0734/Yogyakarta Serma suratman bersama warga yang berdomisili dibantaran kali codhe rutin melaksanakan Pemantauan wilayah terutama bantaran kali Codhe yang terletak di Kel. Gowongan. Hal ini bertujuan untuk meminimalisir kerugian, baik personil maupun materiil apabila terjadi bencana banjir di Kali Chode. (27/01).
Dalam kesempatan itu Serma Suratman juga berpesan kepada warga agar peka terhadap situasi dan kondisi lingkungan akhir-akhir ini, khususnya bagi warga yang berada dipinggir kali Codhe, disamping itu kerjasama dengan Babinsa juga harus terus dibina.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar