Jumat, 02 Agustus 2024

Kegiatan Non Fisik, Satgas TMMD Reguler Ke-121 Kodim 0734/Kota Yogyakarta Berikan Penyuluhan Kesehatan

 


Yogyakarta - Satuan Tugas TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Reguler Ke-121 Kodim 0734/Kota Yogyakarta bekerjasama dengan Dinkes Kota Yogyakarta menggelar kegiatan non fisik dengan memberikan penyuluhan Desiminasi Informasi Program kesehatan kepada masyarakat Kp. Mrican, Kelurahan Giwangan, Kemantren Umbulharjo, Bertempat di Pendopo Kelurahan Giwangan, Kamis (01/08/2024).

Mengawali Pemberian materi penyuluhan, Lurah Giwangan Dyah Murniwarini, A. Md yang didampingi oleh Babinsa Giwangan Serda Hartono mengatakan “Kondisi kesehatan jiwa masih menjadi salah satu isu yang perlu mendapatkan perhatian optimal di Indonesia karena jumlah penderita gangguan jiwa yang terus meningkat. Perluasan Kelurahan Siaga Sehat (KSSJ) merupakan strategi untuk mencapai target dan sasaran Rencana Aksi Daerah dalam upaya kesehatan jiwa. Salah satu program dalam kesehatan jiwa di D.I. Yogyakarta”.

Dalam kegiatan tersebut juga Psikolog Ibu Siska Wulandari, S., M. Psi materi tentang Desiminasi Informasi Program kesehatan, Dia juga menjelaskan dalam penanganan ODGJ di wilayah, kelurahan bekerja sama dengan tim dari sektor lainnya seperti Babinsa, Bhabinkamtibmas, LPMK, PKK, hingga Karang Taruna. Selain pengendalian di wilayah, pihaknya juga melakukan sosialisasi terkait KSSJ di 45 kelurahan yang ada di Kota Yogyakarta.

Ditempat terpisah Dandim 0734/Kota Yogyakarta Letkol Inf Devy Kristiono S.E, M.Si Selaku Dansatgas TMMD Reguler Ke-121 Kodim 0734/Kota Yogyakarta mengatakan kegiatan penyuluhan ini merupakan rangkaian kegiatan sasaran Non Fisik TMMD Reguler Ke-121 Kodim 0734/Kota Yogyakarta.

Perlunya TMMD kali ini, melalui progam penyuluhan Desiminasi Informasi Program kesehatan memberikan pemahaman pada warga, agar benar-benar mengerti dan memahami  tentang pentingnya kesehatan jiwa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar