Kamis, 20 Februari 2020

Babinsa kel. Bener " PEMBINAAN MENTAL BAGI PENGHUNI PSBK".


Tegalrejo,- Kata GEPENG mungkin tidak terlalu asing terdengar bagi kita, mereka juga saudara kita yang terlantar di pinggir jalan, perempatan jalan dan lainya terutama marak di kota-kota besar, sering di adakan razia oleh pemerintah setempat dan menjadi perhatian khusus, entah apa salah pada diri mereka sehingga menjadi gelandangan dan pengemis.
Di kota Yogyakarta sering diadakan razia bagi para gepeng, sedangkan tempat penampungan khusus untuk mereka yang terjaring razia akan di bawa ke PSBK ( Panti Sosial Bina Karya ) yang terletak di Rt 14/04 kel. Bener, kec. Tegalrejo Yka yang saat ini di huni 25 orang. Di PSBK ini para gelandangan dan pengemis setelah dilakukan identifikasi dan penyerahan akan mendapatkan pembinaan dan bimbingan, sedangkan pembinaan dan bimbingan bagi mereka berupa agama, mental, sosial, keterampilan kerja, pertanian, usaha produktif serta pembinaan keluarga dan lainya.
Kerjasama antara Koramil dan PSBK telah terjalin lama sehingga Babinsa kel.Bener ( Srt Suhirno ) anggota Koramil 02 Kodim 0734/Yka melakukan pembinaan mental dan pelatihan disiplin para gepeng tentang Wasbang agar mereka dapat di terima oleh masyarakat setelah keluar dari PSBK tersebut. dalam pemberian materi tentunya disesuaikan dengan kemampuan daya pikir yaitu dengan pola mengajak kembali untuk mengingat nama-nama para pahlawan nasional, menyanyikan lagu-lagu nasional, penanaman nilai-nilai saling menghormati, kesetia kawanan,sopan santun dan juga latihan baris berbaris.
" Kami memberikan waktu untuk Bp. Babinsa untuk membantu membenahi mental dan disiplin mereka, banyak manfaat dan perubah pada para gepeng dalam berperilaku kesehariannya selama masa penampungan, memang membutuhkan waktu untuk mengajak mereka lebih baik, mandiri dan kreatif sehingga dapat berguna dalam kehidupannya" kata ketua PSBK ( Hinukoro Aji, S.H ).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar