Sabtu, 15 Februari 2020

Serda Sutriyana Melaksanakan Pembinaan Panahan Tradisional Jemparingan Anak Anak SD Pakualaman


Babinsa Kel. Gunungketur Koramil 05/Pakualaman Serda Sutriyana melaksanakan pembinaan kepada anak-anak SD Puro Pakualaman tentang memanah tradisional (Jemparingan Gaya Mataraman) di lapangan Panahan Kestalan Kagungan nDalem Kadipaten Puro Pakualaman.
Dengan diadakannya latihan ini dimaksudkan untuk mengenalkan dari dini dan membudayakan panahan tradisional jemparingan serta mengajak anak anak generasi muda supaya mengerti, memahami dan lebih semangat dalam menjaga kelestarian budaya warisan leluhur, jemparingan gaya Mataraman khususnya diwilayah Pakualaman dan Yogyakarta pada umumnya. Dalam acara tersebut dihadiri Abdi Dalem Kadipaten Puro Pakualaman, orang tua wali dan sekitar 25 warga Pakualaman dan sekitarnya. Sabtu, (15/02/20).
Dengan harapan sebagai generasi muda masyarakat lebih mengenal dan mencintai Budaya Warisan Leluhur yang perlu di jaga kelestariannya.
Dikatakan Ibu Susi orang tua salah satu anak-anak peserta latihan jemparingan ini bahwa panahan dalam hal ini panahan tradisional jemparingan gaya mataraman itu bener-bener melatih konsentrasi anak-anak, juga melatih ketrampilan dan juga sebagai wisata budaya yang ada di Pakualaman ini, ujarnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar