Sabtu, 08 Februari 2020

Membangun Kesadaran Masyarakat Untuk Jaga Kebersihan Lingkungan


Yogyakarta,- Sejak digaungkan hari peduli sampah oleh kementerian Lingkungan hidup tepatnya tanggal 21 Februari 2006, hingga kini gerakan akan kesadaran untuk mengurangi limbah sampah terus menerus dilakukan agar menjadi pola hidup masyarakat yang peduli terhadap lingkungan di sekitar lokasi tempat tinggalnya segera untuk direalisasikan pada aparat tingkat kelurahan.
Dengan demikian ada beberapa kegiatan yang bisa dilakukan guna mewujudkan program kampung hijau dengan cara/metode bermacam macam sehingga dapat menjadi acuan dalam setiap kegiatan, misalnya " Membangun apotik hidup di masing tempat tinggal, menyediakan tempat sampah berdasarkan jenisnya, diadakan tata tertib kebersihan terhadap lingkungan, melaksanakan kegiatan gerakan cinta kebersihan dan kesehatan lingkungan kampung serta diadakan lomba kegiatan lorong hijau untuk memotivasi warga memelihara kondisi lingkungan yang bersih dan sehat.
Dalam kesempatan itu Sertu Rubiyono ( Babinsa Kel. Karangwaru ) anggota Koramil 02/Tegalrejo Kodim 0734/Yka bersama Bhabinkamtibmas dan Lurah kel.Karangwaru pada Jum'at,07 Februari 2020 pkl 14.00 WlB menyambangi pemukiman warga wilayah RT 20/06 Kel.Karangwaru dan di situ berbincang bincang dengan warga ( Bp. Supri ) membicarakan terkait pentingnya agar warga dapat menjaga keamanan juga kebersihan lingkungan,baik dari sampah maupun sanitasinya termasuk sistem drainasenya, apalagi sekarang musim penghujan, jangan sampai terjadi penyumbatan yang mengakibatkan banjir, untuk itu warga harus bisa menjaga dan wajib mengingatkan terhadap warga lainnya untuk peduli terhadap kesehatan dan kebersihan lingkungan, sehingga lingkungan sekitar kita tetap terjaga, terpelihara kebersihannya sehingga terbebas dari penyakit".
Pemisahan antara sampah kering dan basah merupakan bagian dari program yang sedang kami lakukan sambil mengetuk hati warga akan timbulnya kesadaran masing masing individu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar